Resume Strategi Pemasaran Buku di Saat Pandemi
Resume Ke 2
Jum,at 10 Juli 2020
Pemateri : Agus Subardana, S.E, M.M, CDS
(Direktur Pemasaran Penerbit ANDI)
Materi : Strategi Pemasaran Buku di Saat Pandemi
Dampak Penjualan Buku selama
Covid 19 :
1. Jaringan toko buku pada tutup
2. Orang pada takut datang ke Toko Buku/Mall
3. Penurunan Omset toko buku 70% - 80%
4. Banyak penerbit yang memberhentikan distribusi ke Toko Buku
5. Beberapa Penerbit Gulung tikar/bangkrut
Tren pengunjung di toko buku gramedia selama covid 19, pertengahan Februari grafiknya mulai menurun dratis, naik sedikit, tapi awal april, turun lagi dan merangkak naik pertengahan Juni, kemudian turun lagi, dan di awal Juli merangkak naik lagi, demikian trend pengunjung, khususnya di buka dengan protokol covid 19.
Pentingnya Transformasi Digital
:
· Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era low touch economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri, terutama sektor industri Perbukuan.
· Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja. Cara belajar –mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial
· Strategi utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku, dari Digital marketing inilah di dalam nya ada sosmed, SEM, video production, web design, APP development, SEO, email marketing, content marketing, branding
Manfaat digital marketing :
1. Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
2. Daya jangkauan sangat luas
3. Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori
4. Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
5. Mudah di evaluasi dan di kembangkan
6. Lebih cepat populer
7. Sangat membantu meningkatkan penjualan
Mengapa harus memakai digital marketing?
1. Sangat efektif untuk pemasaran buku, membantu meningkatkan penjualan
2. Tetap berhubungan dengan sosmed, dengan cara
Pastikan buku yang di jual mudah di temukan di online, baik dalam webside maupun via market place yang di hubungi baik itu bukalapak, tokopedia, shopee, blibli, belanja.com dan membangun reseller untuk menjadi tim yang bisa memasarkan pada konsumen,
3. Pemasaran via komunitas lebih tinggi penjualannya, disesuaikan dengan kategori produk misalnya novel ke komunitas novelis, kategori buku pendidikan masuk pada komunitas guru, dari komunitas inilah info-info di sebarkan tentang buku-buku yang sedang diterbitkan.
4. Bisa lebih terdepan dari kompetiter, strategi pemasaran sesuai dengan sasaran yang di bidik
5. Promo-promo khusus, semacam diskon untuk menarik konsumen, mengadakan event webinar via youtube, group whatsapp
6. Menjadi brand yang yang tanggap pada situasi dengan menumbuhkan empati, bagaimana cepet merespon siapa yang ingin membeli buku dan mengirimnya. Dan mencari informasi konsumen yang sudah menghubungi, serta tanggap terhadap komplen.
7. Menggunakan mobile marketing, salah satu strategi yang berpeluang besar, menggunakan email marketing cukup efektif untuk berhubungan dengan pelanggan
8. Strategi pemasaran dengan menargetkan pelanggan secara personal, dengan digital marketing mampu menampilkan informasi atau iklan dengan target orang yang secara personal, hal ini karena ada teknologi yang mampu mengindentifikasi kebutuhan dan karateristik pelanggan melalui pencarian via internet.
9. Mempertahankan pemasaran buku dengan strategi countinius marketing, pemasaran yang berkelanjutan yang menghubungkan semua lini dengan media sosial secara terus menerus.
10. Terintegrited digital marketingnya, cara bagaimana marketing menghubungkan seluruh digital marketing, digunakan dalam sebuah webside atau tool dengan menggunakan integrited marketing, ini dapat di jalankan sekaligus dengan cara kerja yang sederhana dengan dampak yang luar biasa semua bisa terkoneksi antar media sosial yang satu ke media sosial yang lain.
11. Konten marketing yang menarik, karena pengguna internet akan mencari informasi yang mereka butuhkan, Para konsumen akan mencari dengan beragam informasi yang sudah disediakan oleh webside tersebut, oleh karena itu kontennya harus memiliki keterikatan dengan usaha bisnis yang jadi tujuan marketnya dengan para konsumen, baik melalui vidio maupun gambar yang menarik agar konten tersebut di sukai.
12. Perlu di hadirkan visual marketing seperti IG, youtube dibutuhkan banyak pihak untuk bekerja sama menampilkan gambar visual yang tajam dan manfaat bagi konsumen
13. Peran besar google adward meningkatkan performa marketing, sarana berbayar yang potensi return nya sangat besar dikenal dengan PPC atau payperpay, tuk marketing sangat bermanfaat untuk bisnis apapun, untuk membawa visitor ke webside tujuan.
Potensi Buku Sekolah
Kebijakan terkait dana BOS (bantuan Operasional Sekolah)
1. Pengembangan perpustakaan
2. Kegiatan penerimaan siswa baru
3. Kegiatan pembelajaran dan ektrakulikuler
4. Kegiatan evaluasi pembelajaran
5. Pengelolaan sekolah
6. Pembelian atau perawatan alat multimedia
Pembelajaran
7. Pembayaran honor
8. Perawatan sekolah langganan daya dan jasa
9. Pengembangang profesi guru
Selain dari pemenuhan untuk fasilitas dari dana BOS, Penerbit ANDI juga menyediakan :
· Buku teks utama K13, BuPel
· Pendamping dan buku Pelajaran Peminatan
· Buku Pelajaran SMK untuk buku kelompok C2,C3
· Buku Ajar informatika kelas 4,5,6,7,8,9,10,11,12
· Buku Perpustakaan baik buku fisikdan e-books
· Alat-alat olahraga dan alat-alat kesenian
Menulis adalah berjuang,
Penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya.
Lembaran karya adalah medan pertempuran,
Pena adalah senjatanya
Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca.
Membaca adalah jendela dunia.
Melati ER/100720
Comments
Post a Comment