Goresan Pena, Membawa Bahagia


Resume ke 13

Rabu, 5 Agustus 2020

Materi : Pengalaman adalah Gudangnya Ide untuk Menulis
Pemateri : Bp Bambang Purwanto.

Sebelum orang menulis di blog, sebenarnya sudah punya banyak bahan, untuk menuliskan apapun, Pengalaman Bp. Bambang, setiap manusia yang belajar membaca dan menulis di awali dari proses ketika dasar, kemudian berkembang sesuai usia sejak SD hingga dewasa (setelah kuliah dan kerja).

Sebelum menjadi seorang Guru, Pak Bams adalah pendongeng mulai tahun 2004, dan di tahun 2008 mengajar di SMP Taruna Bakti hingga sekarang.

Tahun 2011 Mr. Bams punya taman bacaan (TBM) Taman Bacaan Masyarakat Ayahna Salwa. Sebagai pendongeng, banyak mempunyai buku, karena sering mengumpulkan bacaan yang dijadikan referesi untuk mendongeng Kebiasaan mendongeng tersebut menjadi salah satu kebiasaan menulis. Beliau mendongeng dengan panggilan Ayah Syalwa, tidak memakai aliran nama ‘Kakak’ tapi ‘Ayah’.

Semua pengalaman dalam kehidupan itu bisa di tulis, seperti membangun taman bacaan yang dilakukan bersama anak dan istri. Di tahun tahun 2007 dapat rumah dengan tipe 21, meskipun rumahnya tidak luas, beliau membangun taman bacaan. Hal itu tidaklah mudah, rumah tidak berpagar itu terasnya untuk para tamu taman bacaan, setiap malam menyiapkan majalah bobo, buku anak-anak dan koran kemaren sore dan membuat daftar kunjung tamu. Sehingga di tahun 2011 Branding Taman Bacaan mulai di kenal masyarakat.

Pengelolaan taman bacaan di tahun 2011 sudah semakin baik, dan kebetulan dapat rumah yang tidak jauh dari lokasi rumah taman bacaan. Sehingga di tahun 2012 Taman Bacaan full untuk taman membaca, terpisah dari rumah tinggal.

Tahun 2013 dijadikan tonggak literasi di sekolah, karena ada program gerakan literasi di Jawa Barat, Saat itu beliau di tunjuk sebagai  penata program. Dan di dukung pula, ketika Pak Anis baswedan mempunyai program dengan gerakan membaca 15 menit, program itu sebagai pengembangan kareakter peserta didik. Sampai detik ini program tersebut tetap berjalan. Sudah 3 tahun Beliau menjadi ketua literasi. Dan sejak tahun 2019 di minta hanya menjadi ketua literasi, tidak melakukan kegiatan belajar mengajar. Fokus hanya sebagai ketua literasi, sehingga pada tahun 2019 SMP Taruna Bakti mendapat penghargaan dari Pemerintah Bandung sebagai sekolah literasi kategori utama.

Waktu senggang di gunakan menulis, dengan melipat kertas seolah-olah seperti buku, buat cover dengan tulisan tangan, hal tersebut dilakukan ketika ikut lomba Guru Inspiratif di tingkat Jawa Barat, Beliau mencoba membuat buku, manual di print, gunting, tempel, foto copi dan di beri cover. Biasanya digunakan menulis tema bahagia di IG ayahanda Syalwa. Yang kini setiap hari hadir di pena Mr. Bams.id.com,  yang bahannya di ambil dari IG yang sudah sampai 107 tulisan, sementara di web masih 102 tulisan. Malam ini Mr. Bams, hanya berbagi aktifitas harian, bukan teori, bertujuan untuk menginspirasi dalam menulis di dalam blog.

Kendala menulis di blog itu, adalah komitmen. Untuk konsisten itu, tidaklah mudah. Yang di pertahankan untuk saat ini adalah membuat kalimat bahagia Mr. Bams, yang harus hadir setiap hari. Sementara program menulis sebelum tidur, agak berat dilakukan, karena sudah terlanjur lelah di malam hari, dan harus ngeblog.

Ini adalah penampakan buku yang di buat secara manual :

https://youtu.be/ljtUevDaEf0

 

Semoga pengalaman ini akan menajadi motivasi Bp dan Ibu, bahwa kita semua ini punya kemampuan dengan rumus MAU Motivasi Aksi Unggul.

Dalam menulis, rumus MAU itu, juga bisa di gunakan. Tulisan yang di buat bisa melatih kita dalam empati bisa menulis dalam bentuk puisi, nulis bebas, dan sebagainya.

Bahkan di tahun 2007 membuat tulisan dengan rumus hidup bahagia ada TK Tanamkan Keimanan, SD Sholatlah di Dahulukan, SMP Selalu Menjalankan Perintah-Nya, SMA Selalu Mengingat Allah dan MM Mengingat Mati.

Kebiasaan menulis di blog bisa di praktekan. Apa yang harus di tulis di blog, bisa dimulai dari yang paling sederhana dan terus menerus, hingga hal tersebut  bisa untuk dijadikan buku.

Bisa saja tulisan kita biasa saja, tetapi lama kelamaan akan lebih berasa dan meningkat. Pastinya di kelas menulis saat ini sangat beruntung, karena dapat menulis dari pengalaman para narasumber bahkan teori-teori. Dari pengalaman menulis dan nge blog, beliau kini sudah punya kelas blogger dari kelas pemula hingga lanjutan.

 

Diskusi

T :Kesulitan apa yagn mr  dirasakan dalam mengelola blog?

J :Kesulitan mengelola blog adalah belajar untuk konsisten dengan konten.

Misalnya konten

Tulisan Sebelum Tidur

Itu tidak bisa setiap malam bisa hadir dalam blog.

Penyebabnya :

1.Kewajiban tugas utama, mengajar atau yang lainnya.

2.Kecapaian kalau menulis malam

 

T :Setiap pagi menjelang Subuh. Mr.Bams, selalu menyapa dengan berbagi kalimat bahagia. Bagaimana cara nya selalu menulis kalimat-kalimat yang penuh makna, ide nya selalu ada setiap hari?

J :Kalimat yang dibuat adalah hasil dari pengalaman dan membaca buku.

Justru dalam membuat kalimat yang setiap pagi hadir, saya merasa tertantang untuk terus bisa menuliskannya.

 

T :Bagaimana tips/cara bapak untuk menjadikan blog sebagai media/komunitas menulis baik untuk sosial   maupun antara siswa dan guru? Seperti punya bapak, blog bisa dijadikan kelas menulis.

J :Blog bisa jadi media untuk apapun. Blog bisa dimanfaatkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

   Di masa pandemi, saya di sekolah menggunakan website dan blog untuk pembelajaran jarak jauh.

Contohnya dibawah ini :

https://daringsmptarunabakti.wordpress.com/

 

T :Mohon penjelasan, bagaimana tips membuat blog yang memikat dan mengundang minat.

Blog yang memikat :

1. Karena tulisannya. Banyak tulisannya yang bermanfaat bagi pembacanya

2. Karena tampilannya. Tampilannya menarik, orang jadi penasaran untuk membaca.

Saran saya teruslah menulis di blog tanpa berpikir tulisan dan tampilan.

Jadikanlah blog media latihan untuk menulis. Sharelah setiap tulisan kepada teman dan media sosial lainnya.

 

T :Bagaimana cara Mr. Bams mengatasi mood yang kadang fluktuatif, terutama bad mood

    Dalam mengelola blog atau mood menulis

J :Bad mood  ada, tapi harus di lawan.

Bad mood dilawan dengan komitmen. Yang saya pertahankan sekarang adalah Kalimat Bahagia Mr. Bams yang biasa hadir setiap pagi.

Komitmen dan disiplin jadi kuncinya.

 

T :Bagaimana menulis di blog pembelajaran bagi pemula ?

J :Tulislah apa yang mudah. Mudahkanlah hati kita agar bisa memulai tulisan di blog.

Tulisan Satu Paragraph

(Santuraph)

Ibu bisa menulis dengan cukup 5 kata.

Tulisan Dua Paragraph

(Sanuraph)

Tulis dua paragraph 

Tulisan Tiga Paragraph

(Sangaraph)

Tulis tiga paragraph

Lakukanlah bertahap...

  

T :Ketika menulis di blog. Apakah sebaiknya menyelesaikan menulis satu tema. misal malam ini saya menulis dengan tema pikiran sebelum tidur. Ketika besok menemukan ide/pngalaman, baru tulis ide bara. atau sebaiknya malam berikutnya menulis kembali lanjutan ide sebelumnya?

J :Tulislah apa yang disuka. Jadi setiap hari bisa menulis apa saja. Boleh bersambung ataupun tulisan dengan tema baru. Lama kelamaan akan menemukan gaya tulisan 

T :Bagaimana cara memotivasi diri sendiri agar tetap konsisten untuk menulis?

J :Pakai rumus MAU

Motivasi, Aksi, Unggul


T :Bagaimana membuat tampilan tulisan kita supaya menarik sehingga orang jadi penasaran.

J :Tampilan menarik berkaitan dengan keterampilan, jadi tetap harus berlatih.

 

T :Apakah bagi pemula menulis di blog. Isi blognya seperti toko kelontong, semua ada?

J :Awal awal bisa ya

 

T :Apakah boleh memiliki blog lebih dari satu blog untuk memilah genre atau jenis tema tulisan ?

J : Boleh, selama punya komitmen untuk bisa mengelola dengan baik

 

T :Ketika dapat ide tulisan, ditulis dan simpan dulu.Tapi belum sempat juga jadi tulisan karena kesibukan. Boleh ide-ide tadi  ditulis kembali di lain waktu meskipun sudah tidak update lagi ?

J : Boleh, menulislah tanpa beban. Menulislah dengan riang gembira.


Resume dibuat oleh, Elly Rosi 050820

 


Comments

  1. Replies
    1. Terima kasih singgahnya Pak, mohon maaf bila resume saya masih belum pas dan baik, smoga Bapak senantiasa sehat dan menularkan bahagia pada kita semua.

      Delete
  2. Replies
    1. Terima Kasih untuk singgahnya, salam semangat dan bahagia.

      Delete
  3. Mantap Bu Ely resumenya lengkap๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  4. Detail dan membangun. Bagus bu๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih bu, untuk mampirnya...saya juga mau jelong2 dulu di beranda Ibu.

      Delete
  5. Detail dan membangun. Bagus bu๐Ÿ‘

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menulis Bisa, Ala Biasa

CLBK, yuk

Kegagalan, Cambuk Untuk Meraih Sukses